Rutinitas Kerja sebelum Pandemi Covid-19

Banyak hal yang berubah semenjak pandemi Coronavirus Disease 2019 alias Covid-19, salah satu yang paling signifikan adalah rutinitas kerja yang tidak lagi dilakukan di kantor yang berjarak lebih dari 25 kilometer dari rumah. Otomatis kebiasaan commuting dengan menggunakan kereta rel listrik (KRL) pun tidak perlu lagi dilakukan. Lagipula kebijakan work from home memang sudah menjadi aspirasi saya sejak bertahun-tahun.

Namun, mengubah kebiasaan yang telah kita jalani bertahun-tahun pasti tidaklah mudah. Akan ada rasa kangen untuk menjalaninya lagi. Apalagi terlalu lama berada di rumah juga sangatlah membosankan, bukan?

Saya pun berinisiatif untuk membuat sebuah vlog singkat yang menggambarkan bagaimana rutinitas kerja yang saya jalani sehari-hari (pada hari kerja normal tentunya) sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Sebelumnya saya memang sempat merekam beberapa footage video yang tadinya akan dibuat untuk video tentang kehidupan seorang banker, tapi saya kira video ini lebih tepat menggambarkan kehidupan kerja sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan di ibukota Jakarta.



Video ini diawali dengan perjalanan saya dari rumah ke stasiun yang dilanjutkan menaiki KRL dan ojek online. Jalanan Jakarta yang ramai dan terkadang lancar pun terpampang jelas, yang dua bulan lebih tidak pernah saya lewati. Memasuki kantor, menumpang lift, dan duduk sibuk di kubikel saya sendiri. Benar-benar nostalgis. Lalu, menatap jendela menantikan jam pulang. Namun, pada akhirnya harus bekerja lembur dan pulang larut malam.

Post a Comment

0 Comments