Luapan Emosi dan Kesalahan

Sebagai manusia biasa, kesalahan kerapkali menghampiri dan terjadi. Begitu halus tanpa disadari. Namun, tatkala kesalahan diketahui, 'Boom!' rasanya bagai ledakan bom atom yang dapat melukai siapa saja bahkan bisa 'membunuh' sesuatu.

Sadar atau tidak sadar, manusia harus penuh dengan kesadaran penuh atas segala hal yang dikerjakannya. Sebisa mungkin, semaksimal mungkin hindari terjadinya kesalahan. Namun terkadang rasa abai dan malas menggelayuti, fungsi kontrol dalam memastikan tak ada kesalahan tidak berjalan. Itu manusiawi. Orang tentu tak mau berlama-lama berkutat dengan hal yang tak disukai. Jika memang bisa pergi, ya pergi saja.

Kesalahan yang terjadi bisa memicu terjadinya luapan emosi, tak ubahnya buih minuman beralkohol atau gelombang banjir bandang dan tsunami yang siap menelan korban. Suatu hal yang menakutkan, tetapi itulah konsekuensi dari sebuah kesalah. LUAPAN EMOSI!

Kapan sebenarnya emosi seseorang akan meluap? Setiap manusia memiliki ambang batas emosi yang berbeda-beda. Toleransi diri mereka terhadap kesalahan, baik dari sisi frekuensi dan materialitas tentu berbeda-beda pula. Kadangkala hal itu sulit untuk ditebak.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menghindari berbuat kesalahan lebih baik daripada menanggung konsekuensi dari luapan emosi orang yang bersinggungan atau terkena imbas atas kesalahan tersebut. Intinya, ya jangan berbuat kesalahan (sekecil apapun). Wasalam.

1 comment:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

    ReplyDelete