5 Lagu JKT48 Yang Cocok Didengarkan Di Bulan Ramadhan

JKT48 selalu identik dengan lagu-lagu bernuansa J-Pop yang ceria dan menonjolkan citra imut para membernya. Namun kenyataannya tidak demikian. Musik yang diusung idol group ini sangatlah bervariasi, ada yang memiliki sentuhan rock, ballad, electronic hingga dangdut. Tema yang dibawakan pun tidak melulu cinta-cintaan. Banyak tema universal yang diceritakan dalam lirik lagu-lagunya.

Nah, di Ramadhan kali ini, saya ingin merekomendasikan lagu JKT48 yang kiranya cocok untuk didengarkan dari sisi tema dan ritme musiknya. Apa saja ya? Berikut daftarnya, check it out!

1. Apakah Kau Melihat Mentari Senja? 

Apa yang paling ditunggu di bulan Ramadhan? Tentu saja adzan magrib saat terbenamnya matahari di kala senja. Maka dari itu, lagu ini sangatlah cocok untuk didengarkan. Alunan musik dari single kedua JKT48 ini pun terbilang kalem. Makna liriknya pun menceritakan tentang refleksi atas hari yang telah dijalani hingga senja menjelang. Banyak pelajaran yang bisa diambil. Apalagi di bagian refrain yang berbunyi:
Apakah kau melihat langit mentari senja?
Waktupun berlalu dan sosoknya terlihat begitu indahnya
Begitulah hari ini berakhir
Malam yang mengulangi semua telah datang
Tentu ini sesuai dengan pergantian hari dalam kalender hijriyah dimana hari atau tanggal berganti setelah senja berlalu. 

2. Demi Seseorang

Lagu dari setlist pertunjukan teater berjudul sama ini mengusung tema sosial dan perdamaian yang sangat kental. Pesan yang ingin disampaikan adalah pentingnya menolong sesama karena kita tidak hidup untuk diri sendiri melainkan juga demi seseorang (orang lain yang ada di dunia ini). Lirik di bait pertamanya pun mengajari kita untuk dapat bersyukur:
Kutahu bahwa Tuhan selalu senantiasa
memperhatikan seluruh umat manusia
Dia dengan adil mengasihi semua orang
tanpa terkecuali

3. Pulang Kampung

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin pulang ke kampung halamannya di tengah-tengah kesibukannya di kota hingga hampir melupakan orang tuanya. Orang Indonesia juga tentunya selalu puopul kamkamp menjelang hari raya Idul Fitri atau dikenal sebagai tradisi mudik. Ritme musiknya yang santai dan lirik yang nostalgik membuat lagu ini cocok untuk didengarkan ketika sedang dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Syairnya benar-benar cocok dengan nuansa mudik dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman:
Ahh~ ku bahagia
Banyak orang yang menyayangiku
Di saat ini pun aku tak sendiri
Jika ku menoleh langit kampung halaman

4. Melon Juice 

Lagu yang dibawakan oleh Team T ini bernuansa ceria namun memiliki makna yang menyedihkan. Liriknya bercerita tentang seseorang yang sedang jatuh cinta dan ingin memberikan jus melon untuk mengungkapkan perasaannya meskipun tak berbalas. Cocok bukan untuk didengar menjelang puasa? Melon juice bisa jadi pilihan takjil untuk orang tersayang. Berikut petikan liriknya:
Cintaku melon juice
Tetapi menyakitkan
Senang saat saling menatap
Walaupun melon juice
Terkadang air mata
Cintaku ini tak berbalas

5. Sakura Kita Makan Bersama

Lagi-lagi lagu dari Team T dengan melodi yang ceria dan bersemangat namun mengandung kesedihan di dalamnya. Meskipun di Indonesia tidak ada sakura namun setiap Ramadhan kita pasti mengikuti acara buka puasa bersama atau iftar dengan teman-teman lama sambil mengingat kembali kenangan lama baik suka maupun duka. Oleh karena itu, lagu ini cocok untuk didengarkan menjelang acara bukber bersama teman satu sekolah atau sekampus, apalagi di part ini:
Ayo kita makan semuanya
Kenangan yang penting sekalipun
Walaupun tidak ada rasanya
Tetapi terasa asin
Di saat aku berlayu dan gugur
Masa muda usai...

Apakah ada lagu JKT48 lainnya yang sesuai dengan nuansa Ramadhan? Silakan komen di bawah ya. Selamat menunaikan ibadah puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Source: Instagram JKT48


1 comment:

  1. ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete