Seberangi Lautan dari Penang ke Daratan Malaysia

Setelah puas (atau bosan) menjelajah di George Town, Penang hingga tengah hari, tak ada salahnya untuk menaiki bus CAT yang membawa kita berkeliling dan mengakhiri perjalanan di Weld Quay. Dari sana kita bisa menuju terminal kapal feri Raja Tun Uda dan menyebrang ke Semenanjung Malaya alias Malaysia daratan. Ini adalah cara lain selain melalui jalan raya melintasi jembatan yang menghubungkan Pulau Pinang dengan Malaysia daratan. Tarifnya pun amat sangat murah, yaitu RM 0 saja alias cuma-cuma.


Saya memutuskan untuk menyebrang ke Butterworth, yang masih bagian dari Penang namun terletak di daratan Asia. Meskipun ini sebelumnya tidak ada dalam rencana perjalanan, saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya pun tidak mendapati loket tiket karena rupanya penyeberangan feri dari George Town ke Butterworth tidak dipungut biaya sepeser pun. Waktu tunggunya pun tidak terlalu lama, sekitar 15 menit kapal feri yang akan saya tumpangi merapat.


Jangan bayangkan kapal feri yang memiliki fasilitas lengkap seperti kapal feri Merak-Bakauheuni yang memiliki kapasitas besar. Kapal feri George Town-Butterworth ini memiliki ukuran yang sedang dengan ruangan penumpang yang terbuka. Terdapat tempat duduk penumpang memanjang di tengah-tengah. Meskipun terkesan kurang nyaman, tetapi fasilitas ini cukup sebanding dengan tarif yang dikenakan. Lagipula perjalanan feri ini tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama. 

Setibanya di pelabuhan, kita resmi memasuki kawasan Butterworth yang juga memiliki beberapa atraksi seperti mural atau street art dan juga pusat perbelanjaan. Cuaca hari itu panas sekali, untungnya pelabuhan menyediakan fasilitas shuttle bus gratis yang mengantarkan penumpang ferry ke terminal bus terdekat. Tak jauh dari situ terdapat pula stasiun kereta api. Konektivitas untuk menjelajahi sisi lain Malaysia tersedia, manakala kita ingin singgah ke Kuala Lumpur. Ada pula bus yang bisa membawakan kita ke negara tetangga, Thailand khususnya daerah Krabi dan Hat Yai yang cukup dekat dari Malaysia. 

Tadinya saya hendak pergi ke pusat kota Butterworth dan melihat seni mural yang ada di sana. Namun, cuaca yang begitu panas menyengat membuat saya urungkan niat itu. Selain karena memang Butterworth tidak ada di rencana perjalanan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk berbalik kembali ke pelabuhan menggunakan shuttle. 


Nampak antrian penumpang yang hendak berplesir ke Pulau Pinang lebih berjibun dibandingkan dengan rute sebelumnya. Berbeda pula halnya dengan tarif yang dikenakan, jika sebelumnya nol, di rute ini ditarik biaya sebesar RM 1.2 saja. Yang unik, penumpang yang telah membeli tiket mendapat kesempatan mengikuti kuis yang akan diundi dengan hadiah mobil. Pertanyaan yang harus dijawab seputar sejarah kapal feri tersebut sehingga perlu bantuan Mbah Google untuk menjawabnya.


Pemandangan sepanjang perjalanan kapal feri ini sedap dipandang mata. Hamparan laut biru dan jajaran gedung berlatar Bukit Penang di Pulau Pinang menarik perhatian. Ada pula jembatan Penang yang menjadi alternatif jalur penyebrangan Penang, Malaysia. Hanya dengan memandangi panorama ini pun perjalanan terasa menyenangkan dan berlangsung begitu cepat. Hembusan semilir angin laut pun menambah kesejukan tersendiri. 

Jadi, jika anda memiliki rencana berkunjung ke Penang, tak ada salahnya untuk merasakan sendiri perjalanan via laut menggunakan kapal feri dari George Town ke Butterworth. Lebih seru lagi jika mengagendakan trip ke beberapa negara sekaligus dengan bertolak dari Butterworth menggunakan bus. 

2 comments:

  1. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr.wb,saya pak arianto pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang TKI pembantu di negara tentangga yaitu di malaysia yang pendapatannya tidak seberapa dan suami saya cuma kerja di kelapa sawit,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup di kampung apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya dan suatu malam saya buka internet dan tidak sengaja saya temukan number HP EYANG WORO MANGGOLO langsung saya telpon beliau dan menceritakan semua keluahan saya dan akhirya di kasih ANGKA GHAIB 6D benar-benar tembus dengan adanya EYANG semua hutang-hutang saya di kampung sudah lunas semua ,bahkan sekarang saya sudah buka usaha WARUNG MAKAN di malaysia!!! sekali lagi saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada EYANG WORO MANGGOLO atas bantuan Eyang kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO pula yang telah memberikan angka ghaib hasil ritual,beliau kepada saya yaitu 6D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut-turut tembus .
      Solusi yang tepat jangan anda putus aza karna EYANG akan membantu anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB apa bila anda butuh angka togel 2D-3D-4D-5D-6D, dijamin 100% jebol.
      Apabila ada waktu silahkan/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 .
      DAN BELIAU JUGA BISA MENBANTU ANDA TUK PUTARAN YANG ADA DI BAWA.

      angka;GHOIB: singapur
      angka;GHOIB: hongkong
      angka;GHOIB; malaysia
      angka;GHOIB; toto magnum 4d
      angka"GHOIB; laos…
      angka"GHOIB; macau
      angka"GHOIB; sidney
      angka"GHOIB: vietnam
      angka"GHOIB: korea
      angka"GHOIB: kudalari

      sekali lagi makasih yaa KI waktu itu saya cuma bermodal uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang banyak dan berkat angka gaib hasil ritual KI saya sudah buka usaha Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 insya allah beliau akan menbantu anda semua.trimakasih....?

      Delete