12 Tips Sehat dari WHO

Menyambung dari tulisan sebelumnya tentang 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Memasuki Tahun yang Baru, di mana kesehatan menjadi perhatian utama, perlu kiranya mengetahui lebih banyak lagi kiat-kiat praktis untuk bisa menjaga kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru-baru ini memosting infografis tentang 12 tips untuk hidup sehat yang tentunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Diet yang Sehat
2. Aktif Jasmani setiap Hari
3. Vaksinasi
4. Anti Tembakau
5. Hindari Alkohol
6. Manajemen Stress
7. Tetap Higienis
8. Jangan Ngebut, Minum dan Berkendara
9. Kenakan Sabuk Pengaman saat Naik Mobil dan Helm saat Naik Motor
10. Safe Sex
11. Cek Kesehatan secara Rutin
12. Pentingnya ASI


Keduabelas tips tersebut memang tidak semuanya itu applicable bagi setiap orang, seperti halnya saya yang masih berstatus lajang. Akan tetapi beberapa tips memang sesuai dengan "PR" saya tahun ini di bidang kesehatan, khususnya terkait diet atau pemilihan menu makanan yang sehat (rendah kalori dan lemak) guna menjaga bobot tubuh yang ideal, dan juga poin terkait aktif secara jasmani yang perlu terus ditingkatkan karena untuk semakin memperkuat jiwa dan raga. Kedua hal tersebut memang sempat terlupakan di tahun sebelumnya, harapannya di tahun ini diet yang sehat dan aktif dalam berolahraga bisa berjalan secara konsisten. 

Terdapat pula poin terkait manajemen stress agar kesehatan jasmani dan rohani bisa tetap terjaga. Tips ini sejalan dengan nasihat orang tua agar segala sesuatu janganlah terlalu dijadikan beban pikiran (baca: stress) yang nantinya malah membuat kesehatan menjadi menurun. Stress juga kerap diidentikan dengan penyakit jiwa alias gila. Oleh karena itu, segala tekanan dan masalah sebaiknya dapat dikelola dengan baik dan tetap berpikiran jernih. 

Sementara itu, poin 8 dan 9 erat kaitannya dengan aspek keselamatan dalam berkendara yang harus selalu dijalankan guna menghindari risiko terjadinya kecelakaan. Bagi sebagian orang keduanya kerap menjadi hal yang diabaikan. Namun, apabila telah terjadi suatu kejadian kecelakaan, tentu bukan hanya masalah kesehatan yang timbul, tetapi juga nyawa menjadi taruhannya. Jadi, pastikan untuk senantiasa mengamankan diri saat berkendara. 

Cek kesehatan secara rutin penting sekali untuk dilakukan setidaknya sekali dalam setahun. Saya sendiri sudah dua tahun bertutur-turut melakukannya dan merasakan manfaat tersendiri dari tes kesehatan ini. Cek kesehatan juga memberikan kesempatan untuk konsultasi dengan dokter untuk menyampaikan keluhan yang dirasakan.

Laporan hasil pengecekan kesehatan bisa menjadi semacam "rapor" atas kondisi kesehatan kita saat ini. Di dalamnya, kita bisa mengetahui apakah organ tubuh berfungsi secara normal, serta aspek apa atau bagian tubuh apa yang perlu mendapat perhatian khusus atau perlu ditingkatkan kesehatannya.  Di dalam laporan, juga terdapat saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, misalnya diet rendah lemak, diet rendah kalori, perbanyak olahraga, perbanyak minum air putih, dan lain sebagainya. Semua sarap tersebut tentunya dibuat secara personal satu per satu sesuai kondisi kesehatan pasien yang menjalani cek kesehatan. Bagi pemegang fasilitas asuransi kesehatan, tentu cek kesehatan ini lebih mudah dinikmati dan merupakan salah satu benefit yang menguntungkan. 

Untuk poin lainnya, tidak saya elaborasi lebih lanjut karena sudah cukup jelas dan dapat dipahami. Pada akhirnya, kedisiplinan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan pula lah yang mampu membuat kita terus berupaya menjalankan hidup yang sehat. Semoga tahun ini dan seterusnya hidup kita bisa menjadi lebih sehat. 



No comments