Sunday Night Blues dan Cara Mengatasinya

Akhir pekan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang karena pada saat itulah mereka dapat terbebas dari kesibukan di hari kerja. Namun, pernahkah anda merasakan kecemasan atau perasaan tidak enak di Minggu malam? Ya, saat di mana akhir pekan akan segera berakhir dan keesokan harinya rutinitas kembali menghadang. Saya sendiri seringkali merasakannya. Parahnya jika tidak dapat teratasi dengan baik, anxiety ini dapat menimbulkan insomnia dan stress berkepanjangan hingga Senin pagi. Itulah yang disebut sebagai Sunday Night Blues atau Sunday Night Anxiety.


Apa itu Sunday Night Blues? Singkatnya ini adalah kondisi dimana seseorang merasakan kecemasan atau rasa sedih pada Minggu malam. Banyak artikel di Internet yang membahas hal tersebut. Topik ini memang menarik untuk dibahas mengingat jika hal ini terus terjadi tentu akan berpengaruh negatif pada produktivitas. Belum lagi siklus mingguan ini dapat terus berulang. Yang mengejutkan situasi ini dirasakan tidak hanya oleh oleh yang membenci pekerjaannya, melainkan dapat pula dirasakan orang yang menyukai pekerjaannya. Berbagai cara pun turut dijabarkan untuk mengatasi Sunday Night Blues tersebut, antara lain:

1. Relakskan Pikiran
Kecemasan bersumber pada apa yang ada di pikiran anda. Maka dari itu, coba kendurkan urat saraf dan berpikir secara relaks. Buang jauh-jauh pikiran yang membebani seperti tentang tugas yang menanti atau kejadian tidak menyenangkan di tempat kerja. Gunakan elemen-elemen yang bisa membantu anda untuk merelakskan pikiran, seperti alunan musik, meditasi, atau segelas minuman favorit sebelum tidur.

2. Selesaikan Semua Tugas di Hari Jumat
Sebelum mulai berakhir pekan, pastikan semua pekerjaan dapat selesai di hari Jumat. Sebisa mungkin jangan sampai ada yang pending, apalagi kalau sampai harus dikerjakan di akhir pekan. Apabila semua tugas anda sudah terselesaikan di hari Jumat tentu beban pikiran akan berkurang bukan? Dengan demikian, kecemasan menghadapi hari Senin pun dapat dieliminasi.

3. Persiapkan Diri Menghadapi Hari Kerja
Salah satu penyebab kecemasan di Minggu malam adalah rasa tidak siap menghadapi hari kerja kembali. Oleh karena itu, persiapkan segala hal dengan matang agar diri menjadi lebih siap kembali bekerja. Langkah persiapan yang bisa dilakukan di antaranya membuat to-do list sehingga pekerjaan menjadi lebih terencana, menyiapkan pakaian yang akan dikenakan sehingga anda bisa tampil maksimal, atau berkomunikasi dengan rekan kerja tentang rencana esok hari.

4. Lepaskan Diri dari Gawai
Gawai atau gadget memang menyenangkan, namun hal ini juga dapat berdampak negatif dan menimbulkan kecanduan. Terlalu asyik bermain gawai dapat membuat anda lupa waktu sehingga tanpa sadar akhir pekan segera berakhir. Begitu anda menyadari besok sudah hari kerja, akan timbul kecemasan dan membuat anda sulit tidur. Oleh karena itu, sebaiknya lepaskan diri dari gawai setidaknya 2-3 jam sebelum tidur agar pikiran lebih relaks.

5. Tumpahkan Isi Pikiran dalam Jurnal
Ada banyak pendapat ahli bahwa menulis jurnal dapat memberikan dampak positif bagi psikologi seseorang. Cara ini dapat pula digunakan untuk mengatasi Sunday Night Blues. Daripada terus berkecamuk di dalam pikiran, ada baiknya segala keresahan dituangkan dalam secarik kertas atau buku catatan pribadi.

6. Rencanakan Hal Menyenangkan untuk Akhir Pekan Berikutnya
Menjalani hari-hari akan terasa lebih menyenangkan jika ada suatu hal menyenangkan yang dinanti-nanti. Misalnya saja rencana berkumpul bersama teman, berlibur ke luar kota, ata sekadar menjalani hobi di akhir pekan. Maka dari itu, silakan rencanakan hal menyenangkan setiap minggunya agar pikiran menjadi lebih santai menghadapi hari Senin. Seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.

7. Berdoa
Segalanya akan terasa lebih tenang apabila disertai dengan doa. Maka dari itu, cobalah tenangkan diri dengan berdoa saat merasa gelisah di Minggu malam. Dengan berdoa, akan ada keyakinan dalam hati bahwa segalanya akan baik-baik saja dan seluruh pekerjaan dapat berjalan lancar keesokan harinya.

No comments