7 Lagu Natal Terbaik Mariah Carey

Memasuki bulan Desember, pusat-pusat perbelanjaan mulai berhias dengan beragam dekorasi Natal dan tentunya memutar lagu-lagu bertema Natal. Salah satu artis yang lagunya paling banyak diputar saat Natal adalah Mariah Carey. Diva internasional ini telah lama dinobatkan sebagai Ratu Natal (Queen of Christmas). Wajar saja karena lagu hits-nya All I Want For Christmas Is You senantiasa bergema di seluruh penjuru dunia menjelang perayaan Natal. Demikian pula album Natal pertamanya, Merry Christmas selalu merangkap naik ke posisi atas album charts di berbagai negara mendekati akhir tahun. Selain album tersebut, penyanyi asal Amerika Serikat ini juga telah menelurkan dua album Natal kedua yang berjudul, Merry Christmas II You.


Dalam album Natal yang dirilisnya di tahun 1994 dan 2011 tersebut, Mariah Carey tidak hanya menyanyikan lagu-lagu Natal klasik, melainkan juga turut menciptakan lagu-lagu originalnya. Selain itu, di tahun lalu, Mimi juga sempat terlibat dalam proyek soundtracks untuk film bertemakan Natal dan menciptakan beberapa lagu baru. Tentu ini menambah diskografi tembang Natal original yang ditulis sang diva. Berikut ini 10 lagu Natal original terbaik Mariah Carey pilihan saya. 

7. Lil' Snowman
Lagu ini merupakan lagu original yang ditulis Mariah untuk film animasinya yang berjudul All I Want For Christmas Is You. Nuansa berbeda ditampilkan Mimi dalam album ini. Genre musik rock n roll begitu terasa dan membuat orang yang mendengarnya jadi ingin bergoyang. Video klipnya pun cukup menarik dengan menampilkan Roc (Moroccan Canon) putra Mariah sebagai model utamanya. Meskipun judulnya berarti manudia salju kecil, namun Roc dan Santa Claus nampak menjadi tokoh utama dalam video klip.



6. Oh Santa!
Lagu yang menjadi single utama album Natal kedua Mimi ini patut menjadi pilihan. Lirik yang dibawakan pun sangat relevan dengan hubungan percintaan remaja. Meskipun memiliki tema yang sama dengan All I Want For Christmas Is You, lagu ini memiliki lirik yang lebih nakal dan terasa milenial. Liriknya menceritakan tentang seorang gadis yang meminta Santa untuk membawakan kekasihnya kembali padanya, meskipun sang mantan sudah punya pacar baru. Bagian refrain lagu ini sekilas terdengar seperti yel-yel cheerleaders. Perpaduan yang unik ini semakin diperkuat dengan video musiknya yang menampilkan Mariah seolah sedang mengisi acara TV jadul.


5. When Christmas Comes
Lagu bergenre soul dengan sentuhan R&B ini memiliki dua versi. Mariah menyanyikannya secara solo di album Merry Christmas II You, kemudian lagu ini sempat dirilis ulang dalam bentuk single kolaborasi dengan John Legend. Lagu ini sangat cocok didengarkan saat berkumpul dengan keluarga saat perayaan Natal. Suasana hangat dapat dirasakan dalam rangkaian liriknya. Belum lagi cuplikan lagu Jingle Bells dan whistle register khas Mariah juga diselipkan di penghujung lagu membuatnya semakin berkesan. Video klip untuk versi duet ini dirilis pada tahun 2011 dengan menampilkan cuplikan film A Charlie Brown Christmas di dalamnya.


4. Miss You (Most at Christmas Night) 
Mariah membawakan lagu bertema romansa yang melankolis dalam album Natal pertamanya, Merry Christmas. Lagu sedih ini berjudul Miss You (Most at Christmas Night)  dengan latar cerita Natal dalam liriknya ini bisa membuat pendengarnya terbawa perasaan. Suara Mariah dalam lagu ini pun sangat emosional dengan menceritakan rasa rindu yang amat sangat menyiksa di tengah-tengah suka cita perayaan Natal.



3. Christmas Time is in the Air Again
Lagu bernuansa klasik ini ditulis oleh Mariah Carey dengan pencipta lagu-lagu Broadway, Marc Shaiman. Melodi yang lembut dalam lagu ini seakan mengajak para pendengar merasakan suasana Natal dengan salju putih dan hiruk pikuk orang berbelanja. Liriknya pun terbilang romantis dan penuh nostalgia. Meskipun lagu ini bukanlah single utama dari album Merry Christmas II You, saya rasa lagu ini pantas berada di peringkat ketiga dan menjadi favorit para penggemar.


2. The Star
Kemampuan menulis lagu seorang Mariah Carey memang tidak usah diragukan lagi. Terbukti di tahun 2017 lalu, sang diva sukses menyabet nominasi Best Original Song dalam ajang penghargaan Golden Globe tahun lalu melalui lagu The Star yang dibawakannya sebagai original soundtrack film berjudul sama. Lagu ini memang memiliki lirik yang inspirasional. Putra-putri Mimi pun ikut serta dalam video klip dan menyanyikan beberapa bagian dari lagu ini. 


1. All I Want For Christmas Is You
Lagu yang ditulis oleh Mariah Carey dan Walter Afanasieff ini merupakan lagu natal yang kerap bergaung di pusat-pusat perbelanjaan mendekati perayaan natal dan tahun baru. Meskipun demikian, lagu ini sebenarnya bersifat universal dan tidak religius. Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang hanya merindukan kebersamaan dengan kekasihnya di hari Natal. Walaupun memiliki kisah sedih di dalam kandungan liriknya, lagu ini terdengar gembira dan semarak dengan temponya yang cepat. Sejumlah penyanyi kenamaan dunia telah menyanyikan ulang lagu ini, sebut saja Michael Buble, Justin Bieber, Amber Riley (Glee Cast), Fifth Harmony hingga My Chemical Romance serta banyak lagi artis lainnya. Tak ketinggalan artis Korea Selatan pun pernah membawakan ulang lagu ini, di antaranya Girls' Generation dan Bom&Hi (Park Bom "2NE1" dan Lee Hi).


No comments