Selayang Pandang Manajemen Keuangan - Definisi

Jumat, 16 Maret 2018, dalam sebuah pertemuan saya diberi kesempatan untuk menjelaskan perihal definisi-definisi penting berkenaan dengan keuangan dalam suatu bisnis. Hal ini penting untuk memberikan pemahaman yang cukup sebelum mulai membuka usaha atau berinvestasi. Pertemuan ini merupakan awal dari beberapa pertemuan berikutnya di mana saya akan memberikan penjelasan lanjutan yang lebih aplikatif.

Saya bukanlah expert di bidang keuangan, apalagi yang berkaitan dengan akuntansi yang menurut saya terkesan rumit. Aturan akuntansi yang rigid memang membutuhkan panduan setiap kali harus mengerjakannya. Untungnya dalam pemaparan saya tidak harus menjelaskan proses akuntansi dari pembuatan jurnal hingga penyusunan laporan keuangan yang baku. Sesuai judul presentasi "Finance 101 - Definition", saya hanya sebatas mengenalkan definisi yang lazim digunakan dalam manajemen keuangan.

Penjelasan saya mulai dengan definisi laporan keuangan beserta variannya. Mulai dari laporan posisi keuangan atau neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan terakhir laporan perubahan ekuitas atau modal. Sebenarnya masih banyak varian lain dari laporan keuangan sesuai dengan karakteristik usaha yang dilaporkan, namun saya tidak ingin membahas terlalu detail. Pemahaman mengenai laporan keuangan ini merupakan batu pijakan untuk belajar mengenai manajemen keuangan dan investasi. Maklum, keputusan dalam perencanaan keuangan dan investasi tentu harus berkaca pada laporan-laporan tersebut.

Pemaparan saya lanjutkan dengan analisis kelayakan investasi berdasarkan perhitungan yang lazim dalam manajemen keuangan, yaitu analisis net present value atau NPV dan internal rate of return atau IRR. Keduanya pernah saya pelajari di mata kuliah Manajemen Keuangan (Corporate Finance). Saya berusaha menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti dengan mengaitkannya dengan konsep time value of money dan suku bunga. Terakhir, saya tambahkan juga sedikit penjelasan terkait break-event point (BEP) analysis. Di pertemuan berikutnya, saya akan menjelaskan kembali definisi dan konsep tersebut dalam bentuk simulasi bisnis.

Alhamdulillah, penjelasan saya tentang definisi terkait manajemen keuangan ini dapat dimengerti. Meskipun saya tidak banyak menempelkan definisi ala buku teks di dalam slide. Slide saya buat singkat dan padat agar saya bisa lebih mengeksplorasi pengertian masing-masing istilah secara verbal dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat awam. Bagi yang ingin belajar silakan temukan presentasinya di bawah ini. If there is anything you want to ask, feel free to contact me.

No comments