MBTI dan Personaliti

Divisi tempatku bekerja mengadakan acara retreat di Cirebon awal April lalu. Sebagai anak baru, awalnya aku belum tahu betul acaranya bakal seperti apa, mungkin semacam lokakarya pengembangan diri pikirku. Ternyata yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah kegiatan menarik diri untuk melakukan introspeksi dan memperbaiki diri. Hmm... Menarik karena di kantor sebelumnya tidak ada acara demikian.

Dua minggu sebelum kegiatan dilaksanakan, aku sudah diminta mengisi berbagai kuesioner. Salah satunya tes MBTI. Aku cukup familiar dengan tes ini karena sebelumnya pernah booming di Facebook dan saat itu aku pun iseng mencobanya. Cukup memakan waktu untuk mengerjakannya karena terkadang perlu diresapi dulu setiap pilihannya. Hehehe...


Semua orang di divisiku hampir semuanya sudah mengerjakan. Aku pun ditagih untuk segera mengumpulkan kuesioner hasil tesnya. Ya ternyata tesnya tidak serumit yang ada di situs. Lumayan cepat karena pilihannya hanya ada dua. Lebih mudah bagiku untuk menentukan preferensi. 

Saat yang ditunggu pun tiba, yang membuat penasaran, rekapitulasi hasil tes menunjukkan bahwa aku adalah seorang I - N - T - P. Sebenarnya di pilihan terakhir adalah skor untuk J dan P sama besarnya namun berdasarkan aturan yang tertera di kuesioner aku harus hasilnya dianggap P. Apakah makna inisial huruf tersebut? Bisa dibaca sendiri penjelasannya.
 
Tidak mengejutkan memang kalau tes ini lumayan akurat. Ya, aku memang seorang introvert khususnya saat berada di lingkungan yang belum terlalu familiar.

No comments