Kicauan Skripsi Anies Baswedan

Kicauan Anies Baswedan kemarin benar-benar membuat mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi (saya salah satunya) merasa tercerahkan. Kicauan beliau memiliki makna tersendiri, sebagian menohok, sebagian lagi memotivasi. Berikut ini rangkuman kicauan @aniesbaswedan di situs microblogging Twitter, Rabu malam lalu.
  1. Menulis skripsi adalah menaklukan diri sendiri.
  2. Cara mengerjakan skripsi adalah potret diri penulisnya saat senyatanya kerja mandiri.
  3. Skripsi bukan sekadar soal riset; skripsi adalah simulasi cara berkarya/bekerja setelah lulus kuliah.
  4. Menunda2 pengerjaan skripsi adalah mengakumulasi rasa sesal. Akhirnya skripsi yg ditunda2 itu ttp hrs diselesaikan jg.
  5. Membaca referensi banyak2 buat skripsi itu baik tapi menuliskan hasil bacaan itu jauh lebih baik.
  6. Makin lama jeda pengerjaan skripsi, makin sulit memulainya lg. Makin sulit memulai lg, makin lama selesainya.
  7. Skripsi adl refleksi dri sbagian ilmu yg tlah kt dptkan & dirangkum mnjdi sbuah tulisan yg brmanfaat dgn dilandasi kejujuran (RT dari @dutaparamadina).
  8. Terakhir. Mengerjakan skripsi itu baik, tapi menyelesaikan skripsi itu jauh lebih baik :)
image Kicauan pertama, benar sekali. Itu pula yang terjadi pada diri saya saat ini. Terkadang saya tidak kuasa menaklukan diri sendiri sehingga skripsi pun tak kunjung ditulis-tulis. Ketidakmampuan menaklukan diri membuat pengerjaan skripsi selalu ditunda-tunda yang tentu mengakumulasi rasa sesal karena waktu telah terbuang percuma, sedangkan skripsi tetap harus diselesaikan tepat pada waktunya (kicauan keempat). Kicauan kedua, cara pengerjaan skripsi memang menggambarkan potret diri penulis, khususnya terkait kemampuan mengatur waktu (time management). Karena tahu jeda waktu pengerjaan skripsi masih lama, rasanya jadi sulit untuk memulai (kicauan keenam). Mungkin ini, yang disebut sebagai moral hazard seorang deadliner. Kicauan terakhir merupakan yang paling berkesan, ya, menyelesaikan skripsi itu jauh lebih baik, atau mungkin hal terbaik semasa kuliah sarjana. Ayo selesaikan skripsi, sekarang juga! #SaveSkripsi

No comments